Lomba Mancing Morotai 2016 Diikuti Pemancing Mancanegara

By | October 1, 2016

TERNATE, KOMPAS.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku Utara menggelar lomba mancing yg diberi nama Fishing Morotai 2016. Acara yg dibuka oleh Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba, Kamis (29/9/2016) sore, di Pelabuhan Kabupaten Pulau Morotai tersebut diikuti 116 peserta pemancing lokal, nasional hingga internasional.

Kepala DKP Maluku Utara, Buyung Radjilon mengatakan, ada sekitar 4.000 peserta yg mendaftar pada lomba mancing 2016 ini, namun karena keterbatasan fasilitas sehingga dibatasi. “Peserta yg ikut ada sekitar 116 orang, termasuk ada dari Taiwan, Malaysia dan Australia,” kata Buyung.

Kelas yg dibuka pun bervariasi akan dari kelas profesional, eksekutif dan umum. Para pehobi pemancing ini mulai berada di 20 titik spot yg sudah ditentukan oleh panitia dan mereka mulai berada di laut selama beberapa hari.

“Mereka berangkat tanggal 29 September dan kembali 1 Oktober 2016,” kata Buyung.

Fishing Morotai 2016 ini, menurut Buyung, selain bertujuan buat optimalisasi pemanfaatan sumber daya ikan secara berkelanjutan sekaligus menolong pendapatan masyarakat khususnya para nelayan.

Selain itu, melalui lomba mancing ini diharapkan sebagai magnet wisatawan bagi berkunjung ke Morotai. Apalagi Morotai ketika ini melaksanakan Wonderful Morotai sebagai upaya masuknya Pulau Morotai dalam 10 destinasi wisata baru yg sudah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Sementara dari Komunitas Rumah Mancing, Ardiaman menambahkan bahwa Fishing Morotai ini adalah terobosan baru terutama memadukan antara program pemerintah dan stakeholder para pemancing yg segala muaranya ke pemberdayaaan masyarakat, paduan hobi mancing dan kesejahteraan masyarakat.

“Rumah mancing cuma mem-back up program Pemda melalui DKP. Kami cuma bantu dari sisi teknis, pelatihan, promosi, event dan sebagainya tetapi motor penggeraknya ada semuanya di pemda. Menurut kita satu yg baru di Indonesia dan itu di Maluku Utara,” kata Ardi. 

Sumber: http://travel.kompas.com