Italia, Negeri Kopi Tanpa Perkebunan Kopi

By | October 2, 2016

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebut aneka macam kopi yg Anda tahu. Espresso, macchiato, caffe latte, frappeo

“Eits, tak ada yg namanya frappe. Di Italia ada, namun berbentuk coffee sorbet atau granita,” tutur pakar kopi dari Italia sekaligus Export Manager pembuat mesin kopi Zicaffe, Giuseppe Trovato dalam acara International Coffee Day di Instituto Italiano Cultural, Jakarta, Sabtu (1/10/2016).

Semua penyajian kopi itu berasal dari sesuatu negara: Italia. Ini adalah negara pertama di Eropa yg mengenal kopi setelah dikirim dari Mesir. Para pedagang mengirim kopi lewat Kota Venesia, yg kini terkenal milik kedai kopi di setiap sudutnya.

Kafe pertama di Venesia dibuka pada 1683, dan menjadi cikal bakal kafe-kafe yg menjamur di segala penjuru dunia. Orang Italia menciptakan teknik membuat kopi yakni espresso, yg kemudian diolah dan dicampur berbagai bahan lainnya sehingga menjadi cappuccino, caffe latte, dan sebagainya.

“Usai Venesia, kopi kemudian menjamur ke 20 wilayah di Italia. Tiap wilayah kini milik varian kopi khas,” tambah Giuseppe.

Karena sejarahnya, espresso identik dengan Venesia. Namun seandainya berkunjung ke Trentino, cobalah cappucinno Viennese yang disajikan dengan campuran cokelat dan kayu manis. Di Naples yg yaitu tempat lahirnya pizza, terdapat varian kopi khusus yg dicampur hazelnut cream.

Namun dari banyaknya varian kopi, para barista di Italia tetap memakai kopi impor dari Brasil, Vietnam, atau Indonesia.

“Negara-negara Amerika Selatan penghasil kopi yg bagus. Vietnam juga milik robusta kualitas bagus. Kalau Indonesia, robusta yang tumbuh di Jawa milik kualitas bagus,” papar Giuseppe. 

Saat ditanya apakah Italia memiliki perkebunan kopi, Giuseppe menjawab dengan pasti.

“Tidak ada perkebunan kopi di Italia. Beberapa negara identik dengan sesuatu, bukan berarti produksinya di situ. Coba lihat Inggris yg identik dengan teh, bahan bakunya dari Sri Lanka dan India. Begitu pula dengan cokelat di Swiss,” paparnya.

Meski begitu, lanjut Giuseppe, Italia milik kemampuan mengolah kopi dengan sangat baik. “Kami milik skill. Itu yg diakui oleh segala pakar kopi di dunia,” tambahnya.

Sumber: http://travel.kompas.com