SBY Akan Dianugerahi “Tokoh Peduli Museum Indonesia”

By | October 14, 2016

JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mulai dianugerahi sebagai Tokoh Peduli Museum Indonesia. Anugerah tersebut mulai diberikan oleh Komunitas Jelajah dalam acara Museum Award Gebyar Pesona Museum Nusantara di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (15/10/2016) malam.

Pendiri sekaligus Ketua Komunitas Jelajah, C. Musiana Yudhawasthi menyampaikan Museum Award adalah program tahunan yg dikerjakan oleh Komunitas Jelajah. Program ini adalah tahun kelima yg dikerjakan oleh Komunitas Jelajah sebagai bentuk apresiasi terhadap dunia permuseuman.

“Anugerah Purwakala Graha kategori Tokoh Peduli Museum (untuk SBY). Kalau Pak SBY pada masa pemerintahannya banyak menelurkan kebijakan yg memihak permuseuman,” kata Musiana ketika dikonfirmasi KompasTravel, Rabu (12/10/2016).

Ia menyebutkan kebijakan-kebijakan SBY yg berpihak pada permuseuman selama menjabat presiden seperti mencanangkan Gerakan Cinta Museum, alokasi anggaran bagi revitalisasi museum, merestorasi Museum Nasional, dan membangun Balai Kirti atau yg dikenal sebagai Museum Kepresidenan.

“Penghargaan ini sangat penting. Permuseuman Indonesia tidak mulai maju tanpa sumbangsih tokoh-tokoh ini. Mereka bukan cuma menghargai heritage bangsa tetapi giat melestarikan dan aware terhadap nilai yg dimiliki,” tambahnya.

Sementara Ketua Umum Asosiasi Museum Indonesia, Putu Supadma Rudana menambahkan penghargaan ini adalah kali pertama diberikan kepada SBY. Ia menilai penghargaan pada SBY sangat tepat.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Sejumlah pemandu wisata dari Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia, sedang berfoto di patung keenam mantan presiden RI, di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Bogor.

“Selama 10 tahun memimpin Indonesia, SBY sudah memberikan kontribusi yg besar seperti contoh lewat kebijakan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata pada waktu itu mencanangkan Gerakan Cinta Museum, Visit Museum Year. Beliau juga tidak jarang berkunjung ke museum dan mengadakan kegiatan berskala internasional di museum,” ujar Putu kepada KompasTravel seusai acara pembukaan Gebyar Pesona Museum Nusantara di TMII, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

Selain SBY, tokoh yg mulai dianugerahi dalam bidang permuseuman Indonesia adalah Nyoman Gunarsa. Menurut Putu, Nyoman Gunarsa adalah pemilik Nyoman Gunarsa Museum di Bali.

“Beliau juga seorang maestro, seniman besar yg memang mengabdi dan berkarya, berkreasi begitu panjang juga berkontribusi panang dalam dunia permuseuman di Indonesia khususnya di Bali. Mereka berdua konfirmasi bagi tiba ke acara Museum Award,” tutupnya.

Sumber: http://travel.kompas.com