Gorontalo Targetkan 1.000 Wisatawan Ke Pulo Cinta

By | October 14, 2016

GORONTALO, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Gorontalo menargetkan kunjungan wisatawan ke obyek wisata Pulo Cinta mencapai seribu orang hingga akhir 2016.

“Kami upayakan hingga akhir tahun jumlah kunjungan wisatawan mampu mencapai 1.000 orang. Dengan kerja keras dan sinergi, aku percaya jumlah itu mampu dicapai,” kata Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim di Gorontalo, Rabu (12/10/2016).

Menurutnya, peluang Kabupaten Boalemo buat meraup devisa dari sektor pariwisata sangat terbuka lebar, mengingat banyaknya destinasi wisata yg selalu dikembangkan dan bahkan dua di antaranya telah bertaraf internasional.

Data Pemkab Boalemo memamerkan hingga ketika ini Pulo Cinta sudah menarik 300 wisatawan mancanegara tiba berkunjung ke daerah itu.

Idris optimistis peluang mulai semakin baik bila ada sinergi antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, serta pemangku kepentingan.

Sementara itu, Pemkab Boalemo sudah menutup rangkaian Festival Boalemo dan Pulo Cinta pada Selasa (11/10/2016).

Saat penutupan festival tersebut, Asisten Deputi Komunikasi dan Pemasaran Kementerian Pariwisata, Putu Ngurah mengajak masyarakat buat mengobarkan semangat pariwisata yg ditandai dengan meneriakkan yel-yel Salam Pesona Indonesia.

Lebih lanjut Putu mengungkapkan Kementerian Pariwisata sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yg diselenggarakan di daerah, termasuk pelaksanaan Festival Pesona Boalemo dan Pulo Cinta 2016.

Ia menilai semangat dan kebersamaan yg ditunjukkan oleh pemerintah daerah bersama semua masyarakat dalam menggelar dan menyukseskan kegiatan pariwisata tersebut, yaitu modal besar dalam memajukan pariwisata di Provinsi Gorontalo.

Festival Pesona Boalemo dan Pulo Cinta yg digelar selama sepekan, diisi dengan 11 kegiatan diantaranya Boalemo graviti open turnamen, lomba fotografi, pemilihan Nou dan Uti, lomba dayung perahu tradisional, karnaval budaya, Boalemo Expo, Festival Tumbilotohe, dan tarian tradisional di atas bara api. (Debby Mano/Antara)

Sumber: http://travel.kompas.com