Siap-siap Ke Raja Ampat, Ada Festival Raja Ampat

By | October 17, 2016

KOMPAS.com – Festival Raja Ampat yaitu salah sesuatu event tahunan yg terus ditunggu-tunggu. Setiap tahunnya, acara ini terus mengusung tema yg berbeda-beda.

Tahun ini event tersebut mulai digelar kembali pada 18-21 Oktober 2016 di kawasan Pantai Waisai Tercinta (WTC), Raja Ampat, Papua Barat dengan mengusung nama Festival Pesona Raja Ampat 2016 dengan tagline “Lovely Raja Ampat”.

“Nama dan tagline tersebut diambil bagi mewakili semua keindahan dan potensi alam Raja Ampat, yg berada di atas maupun bawah laut,” kata Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati seperti dikutip dari siaran pers yg diterima KompasTravel, Jumat (14/10/2016).

Ia optimis dengan event tahunan tersebut mulai dapat menarik kunjungan wisatawan, baik mancanegara maupun domestik. Selain itu, acara ini mulai menjadi tempat tampilnya kreativitas masyarakat Raja Ampat. Festival ini mulai kembali diisi dengan beragam acara yg menarik.

“Ada banyak kegiatan berupa lomba, pentas seni dan tari serta hiburan rakyat,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi Lamatenggo.

Sejumlah kegiatan yg mulai digelar dalam Festival Raja Ampat tahun 2016 antara yang lain Under Water Foto, Lomba Foto Instagram, Beach Clean, Try Scuba Diving, Lomba Bahari, Wisata Kuliner, Lomba seni kerajinan tangan masyarakat, Paket Wisata Alam, Lomba Foto Jurnalis serta dua kegiatan lainnya.

AUDREY ROIT Diving di Raja Ampat, Papua Barat.

Salah sesuatu yg menarik dalam acara kali ini adanya kegiatan Try Scuba Diving. Kegiatan ini dilaksanakan mengingat Raja Ampat sebagai tujuan wisata selam dunia, dan banyak orang tiba ke Raja Ampat cuma buat menyelam dan menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat.

Namun masih banyak wisatawan domestik dalam negeri sendiri kurang tertarik buat diving, padahal Indonesia adalah negara maritim. Hal ini membuat orang yg tiba ke Raja Ampat banyak yg belum dapat menyelam, maka Try Scuba Diving dilaksanakan buat orang yg ingin coba buat diving.

“Nantinya mulai dipandu oleh para penyelam profesional yg yaitu putra daerah asli Raja Ampat,” kata Yusdi.

Lomba foto

 Untuk memeriahkan acara kali ini, diadakan pula lomba foto khusus buat para jurnalis. Sesuai dengan tagline Festival Pesona Raja Ampat 2016, lomba ini bertema “Lovely Raja Ampat”.
 
“Oleh karena itu setiap penilaian mulai mengacu pada tema lomba tersebut dan terbuka buat jurnalis manapun di segala Indonesia,” ujar Yusdi. 
 
Batas waktu upload lomba pada hari Sabtu, 22 Oktober 2016, 10:00 WIT. Hadiah jutaan rupiah mulai diberikan pada pengumuman hari Minggu, 23 Oktober 2016 di akun resmi instagram @festivalrajaampat. Lomba ini gratis dan tak dipungut biaya apapun. Diharapkan dengan kegiatan ini mulai semakin membuat kenindahan pesona Raja Ampat bisa disebarluaskan dan dinikmati semua lapisan masyarakat secara umum walau cuma di media sosial. (*)

Sumber: http://travel.kompas.com