Pesta Bakar Ikan Di Banyuwangi Habiskan 2 Ton Ikan

By | October 17, 2016

BANYUWANGI, KOMPAS.com – Untung (40) warga Kecamatan Muncar, Banyuwangi, Jawa Timur, kelihatan sibuk membersihkan ikan lemuru bersama rekannya rekannya dari komunitas radio penduduk Indonesia Banyuwangi, Sabtu (15/10/2016).

Setelah itu, ia meletakkanya dua ikan lemuru di atas panggangan dan akan membakar ikan di tungku yg berjajar sepanjang Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Muncar.

Laki-laki yg berprofesi sebagai nelayan tersebut kepada KompasTravel mengaku menyediakan 30 kilogran ikan lemuru buat dibakar di acara Fish Market Festival 2016 yg digelar di TPI Pelabuhan Muncar Banyuwangi.

Ia sengaja memilih ikan lemuru karena ikan yg mempunyai ukuran kecil tersebut adalah komoditas penting di salah sesuatu pelabuhan ikan terbesar di Indonesia yg berada di Banyuwangi.

“Ini ikan tangkapan aku sendiri. Sengaja tak aku jual tetapi ikut dibakar agar masyarakat tahu dan kenal seandainya ikan lemuru yg banyak gizinya ini berasal dari Pelabuhan Ikan Muncar Banyuwangi,” jelasnya.

Saat ini, Untung mengaku ikan lemuru dihargai Rp 10.000 per kilogram. “Lemuru sempat hilang di perairan Muncar tetapi sekarang telah akan musim lagi. Semoga banyak dan harganya bagus,” katanya sambil membakar ikan lemuru.

Selain Untung, ada sekitar 2.000 orang ikut andil dalam acara bakar ikan bersama. Mereka tiba berkelompok kemudian membakar ikan bersama di pemanggangan yg disiapkan panitia.

Jenis ikan yg dibakar antara yang lain kakap, lemuru, kerapu, bawal, dan macam ikan laut lainnya. Walaupun cuaca cukup panas dan asap dari panggangan ikan memenuhi jalan di TPI Muncar, tak mengurangi semangat para penjunjung buat mencicipi ikan yg dibakar.

“Daging ikannya terasa lebih manis kelihatan kalau ikan bakarnya masih fresh. Yang pasti ini gratis,” jelas Herfina Laras, salah sesuatu pengunjung yang berasal Surabaya kepada KompasTravel.

Sumber: http://travel.kompas.com