Pertama Kali Wisata Ke Yogyakarta? Anda Tak Sendiri…

By | October 18, 2016

JAKARTA, KOMPAS.com – Istimewa. Satu kata itu cukup mencerminkan Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta, yg memang istimewa dalam berbagai hal. Kota ini penuh sejarah, budaya, khazanah kuliner, hingga tradisi turun-temurun yg tidak lekang dimakan zaman. Tak heran, Yogyakarta terus jadi destinasi favorit banyak wisatawan.

Meski dibilang mainstream, terus ada kali pertama untuk tiap orang. Kristian dan Bertha Manalu adalah beberapa orang yg baru menyambangi Yogyakarta dua waktu lalu.

Mereka ikut serta dalam “Take Me Anywhere 2”, acara yg diadakan oleh Kompas.com bekerja sama dengan OPPO. Selama tiga hari, 10 orang peserta pemenang Quiz on Article dan Photo Competition mengelilingi tempat-tempat wisata di Yogyakarta. 

(Baca juga: Seperti Bertemu Keluarga Baru di Liburan ala “Take Me Anywhere 2”)

“Pertama kali ke Jogja, perasaanya campur aduk. Ternyata Jogja adalah destinasi yg seru dikunjungi buat wisata terutama alam, karena masih banyak tempat yg alami dan asri. Penduduknya juga sangat ramah,” tutur Kristian, salah sesuatu peserta “Take Me Anywhere 2” sekaligus salah sesuatu pemenang foto terbaik selama tiga hari perjalanan.

Hari pertama, para peserta mengunjungi Kebun Buah Mangunan kemudian Hutan Pinus Mangunan buat selfie race. Perjalanan dilanjutkan ke Parangtritis, para peserta berkesempatan coba sandboarding di Gumuk Pasir Barchan. 

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Peserta Take Me Anywhere 2 selfie bagi kompetisi Selfie Run di Kebun Buah Mangunan, DI Yogyakarta, Jumat (14/10/2016).

Hari kedua, para peserta menyambangi Embung Nglanggeran di Kabupaten Gunungkidul kemudian cave tubing di Kalisuci. Para peserta juga berkesempatan mengunjungi Taman Tebing Breksi, salah sesuatu destinasi wisata baru di Yogyakarta.

Hari terakhir, para peserta menjajal keseruan Merapi Lava Tour selama sekitar 2,5 jam kemudian coba cara membuat cokelat di Cokelat Tugu. Tak lupa, membeli oleh-oleh di Jendela Jogja. 

Dari segala tempat yg dikunjungi, mana yg paling disukai Kristian sebagai first timer berkunjung ke Yogyakarta?

(Baca juga: 5 Tempat “Selfie” Keren di Jogja ala “Take Me Anywhere 2”)

Cave tubing di Kalisuci pastinya. Meskipun airnya keruh karena musim hujan, tetapi tetap seru dan memacu adrenalin,” tambah Kristian. 

Peserta lainnya “Take Me Anywhere 2” yg baru pertama kali berkunjung ke Yogyakarta adalah Bertha Manalu.

“Pertama kali ke Jogja, segera tiba ke destinasi-destinasi antimaistream yang keren. Benar-benar seru,” tutur Bertha. 

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Para peserta ‘Take Me Anywhere 2’ mengikuti Merapi Lava Tour, Minggu (16/10/2016). Tema selfie race kali ini adalah ‘dangerously beauty’.

Sama seperti Kristian, destinasi yg paling membekas di hati Bertha adalah Kalisuci. Ini adalah kali pertama Bertha melakukan cave tubing, cukup bagi membuatnya ingin cave tubing beberapa kali lagi.

“Berkesan banget coba cave tubing, walaupun pakai jatuh segala, hahaha… Satu lagi, Embung Nglanggeran. Bagus banget pemandangannya,” papar Bertha.

Selalu ada kali pertama buat semua hal. Kristian dan Bertha hanyalah segelintir wisatawan yg merasakan sendiri keistimewaan Kota Gudeg ini. Pada Yogyakarta, mereka jatuh cinta pada pandangan pertama.

Setelah kesuksesan “Take Me Anywhere” pertama merupakan edisi Bali, Kompas.com kali ini bersama OPPO menggelar “Take Me Anywhere 2”. Sebanyak 10 orang pemenang kompetisi “Take Me Anywhere 2” berlibur ke Yogyakarta bersama KompasTravel selama tiga hari akan Jumat (14/10/2016) hingga Minggu (16/10/2016).

Reservasi tiket penerbangan dikerjakan melalui situs perjalanan Tiket.com.

Para pemenang menjalani beragam aktivitas wisata penuh petualangan sampai mencicipi kuliner khas Yogyakarta. Semuanya dipandu oleh biro perjalanan Jogja Geowisata.

Selain itu para pemenang juga merasakan kenyamanan menginap di Hotel Santika Premiere Jogja, salah sesuatu properti dari jaringan hotel Santika Indonesia Hotels & Resorts.

Ikuti petualangan seru para pemenang beserta travel blogger dan instagrammer, Anggey Anggraeni (@her_journeys) di Yogyakarta. Kisah mereka tayang dalam liputan khusus: “Liburan Seru ala ‘Take Me Anywhere 2′”.

Sumber: http://travel.kompas.com