Garuda Indonesia “Hilang” Di Traveloka, Ini Penjelasan Resminya…

By | October 23, 2016

JAKARTA, KOMPAS.COM – Beberapa hari ke belakang dua pengguna situs Online Travel Agent (OTA) Traveloka kebingungan. Pasalnya, maskapai berplat merah Garuda Indonesia dan Citilink tidak mampu ditemukan di situs maupun aplikasi Traveloka.

Seorang netizen Galih Wangi dengan akun @Galih_Wangi menanyakan status beberapa maskapai tersebut di lewat media Twitter.

“Di Traveloka udah gak ada flight Garuda ya?” cuit Galih pada 19 Oktober dahulu kepada akun Garuda Indonesia.

(Baca: Benarkah Garuda Indonesia dan Citilink “Hilang” di Traveloka?)

Netizen yang lain Abina Adan dengan akun @AbinaAdan juga serupa dengan Galih. Ia berencana pergi ke Palembang  juga tidak berhasil menemukan Garuda Indonesia.

“Saya barusan cek di aplikasi Traveloka, info penerbangan Garuda bagi tanggal 28 Oktober Jakarta ke Palembang kok gak ada ya?” cuit Abina kepada akun Traveloka pada tanggal 19 Oktober.

KompasTravel sempat coba mencari penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink di website Traveloka.com pada Jumat (21/10/2016) sejak pukul 13.30 WIB. Penerbangan Garuda Indonesia dan Citilink pada tanggal 10 November 2016 tujuan Jakarta – Bali dan Jakarta – Surabaya tak muncul di hasil pencarian situs Traveloka.com.

Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Benny S Butarbutar menjelaskan ketika ini Traveloka bersama Garuda Indonesia dan Citilink sedang melaksanakan konsolidasi bisnis terkait komitmen kerja sama channel distribution tiket Garuda Indonesia dan Citilink pada laman Traveloka.

Konsolidasi bisnis tersebut diharapkan bisa memaksimalkan pola kerja sama bisnis yg bersifat jangka panjang dan lebih menguntungkan antar kedua belah pihak.

“Konsolidasi bisnis tersebut, meliputi aspek administratif hingga pola kerja sama dan pengembangan basis teknologi yg lebih memudahkan akses layanan tiket Garuda Indonesia dan Citilink laman Traveloka,” kata Benny dalam informasi resmi kepada KompasTravel, Jumat (21/10/2016).

Ia menambahkan terkait penyesuaian hal tersebut, ketika ini layanan tiket Garuda Indonesia dan Citilink Indonesa pada laman Traveloka belum mampu terakses dengan baik. Benny menyarankan semua pengguna jasa bagi segera mengakses channel layanan tiket yg dimiliki Garuda Indonesia maupun Citilink.

“Konsolidasi bisnis tersebut diharapkan bisa menghasilkan terobosan bisnis terbaru yg mampu memberikan nilai tambah terhadap semua customer Traveloka pada umumnya, maupun pengguna jasa Garuda dan Citilink yg membeli tiket melalui laman Traveloka,” tambahnya.

KOMPAS.COM/ANDRI DONNAL PUTERA Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Benny Butarbutar menjelaskan insiden yg dialami pesawat Garuda Indonesia GA514 rute Jakarta-Pontianak, Jumat (25/9/2015).

Pihak Traveloka, Garuda Indonesia, dan Citilink, lanjut Benny, memastikan bahwa tak mampu diaksesnya layanan tiket GA dan Citilink cuma bersifat temporer. Ia meyebut setelah proses konsolidasi bisnis selesai dilaksanakan dalam waktu dekat, layanan tiket Garuda dan Citilink bisa langsung diakses kembali. 

“Berkaitan dengan pemberitaan di dua kanal media terkait permasalahan sistem ticketing Garuda Indonesia dan Citilink yg berdampak pada layanan Traveloka, bersama ini kita sampaikan bahwa tak benar bahwa terdapat permasalahan dalam sistem ticketing Garuda Indonesia maupun Citilink,” jelasnya.

Sementara, Communications Executive Traveloka, Busyra Oryza menuturkan hingga ketika ini maskapai Garuda Indonesia dan Citilink tak mampu diakses buat sementara waktu dalam dua hari terakhir ini di website dan aplikasi Traveloka.

Namun, ia belum mampu menyebutkan kapan maskapai Garuda Indonesia dan Citilink dapat diakses kembali.

“Namun, kalian pastikan bahwa kalian dan pihak Garuda Indonesia berusaha mengembalikan maskapai tersebut di search result Traveloka secepatnya,” kata Busyra ketika dikonfirmasi KompasTravel.

(Baca juga: Kapan Traveloka Kembali Menjual Tiket Garuda dan Citilink)

Sumber: http://travel.kompas.com