Serunya Membuat Cokelat Di Cokelat Tugu Yogyakarta

By | October 27, 2016

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Siapa gerangan yg tidak suka cokelat? Penganan manis ini pasti jadi favorit siapa saja, tidak terbatas gender dan usia. Bila liburan ke Yogyakarta, ada sesuatu tempat bagi melihat proses pembuatan serta membuat sendiri cokelat.

Cokelat Tugu berlokasi di Jalan Tegal Gendu No 31, Prenggan, Kotagede, DI Yogyakarta. Toko cokelat ini menempati bangunan beberapa tingkat yg kontemporer, lengkap dengan halaman parkir yg luas.

Selain belanja cokelat, wisatawan juga dapat coba membuat cokelat sendiri. KompasTravel berkesempatan membuat cokelat di Cokelat Tugu bersama para peserta “Take Me Anywhere 2” dua waktu lalu.

(BACA: Pertama Kali Wisata ke Yogyakarta? Anda Tak Sendiri…)

Begitu masuk, rombongan disambut oleh petugas toko nan ramah. Rak-rak berderet, menyuguhkan cokelat dalam aneka rasa. Mulai dari Dark Chocolate, Caramel, hingga Chili Chocolate. Ada juga aneka praline berisi pasta stroberi, tiramisu, dan coffee mocha.

Ada belasan varian rasa cokelat di Cokelat Tugu. Biji cokelatnya yaitu produk lokal, yakni dari Kabupaten Gunungkidul. Oleh karena itu, Cokelat Tugu adalah oleh-oleh tepat buat wisatawan yg ingin membeli produk lokal. 

(BACA: Asyiknya Lomba “Selfie” di Taman Tebing Breksi Yogyakarta)

Minggu (16/10/2016), para peserta “Take Me Anywhere 2” datang di Cokelat Tugu. Mereka segera menuju meja pembuatan cokelat. Tiap orang berkesempatan membuat cokelat.

KOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Pertama, tiap peserta mengenakan sarung tangan plastik agar proses pembuatan cokelat tetap higienis. Mereka pun diberikan cokelat cair berwarna pink bagi tulisan hiasan pada cetakan.

Pertama, tiap peserta mengenakan sarung tangan plastik agar proses pembuatan cokelat tetap higienis. Mereka pun diberikan cokelat cair berwarna pink untuk tulisan hiasan pada cetakan.

Kali ini, seluruh peserta mulai membuat cokelat berbentuk hati dengan tulisan “Love” di tengahnya. Satu per sesuatu peserta mengisi cetakan bertuliskan “Love” dengan seksama.

Sebelum ditimpa oleh cokelat, cetakan tersebut dimasukkan terlebih lalu ke dalam freezer selama 5-10 menit. Barulah milk chocolate dimasukkan ke dalam cetakan tadi.

Sambil menunggu cokelat beku, para peserta beranjak ke seberang toko Cokelat Tugu. Ada dua gerai yg menjual perak serta pernak-pernik khas Yogyakarta. Kawasan Kotagede memang terkenal sebagai penghasil perak. 

Sekitar 15 menit kemudian, rombongan kembali ke toko Cokelat Tugu. Masing-masing peserta pun membawa cokelat bertuliskan “Love” di tengahnya. Benar-benar pengalaman yg unik di Yogyakarta.

Setelah kesuksesan “Take Me Anywhere” pertama merupakan edisi Bali, Kompas.com kali ini bersama OPPO menggelar “Take Me Anywhere 2”. Sebanyak 10 orang pemenang kompetisi “Take Me Anywhere 2” berlibur ke Yogyakarta bersama KompasTravel selama tiga hari akan Jumat (14/10/2016) hingga Minggu (16/10/2016).

Reservasi tiket penerbangan dikerjakan melalui situs perjalanan Tiket.com.

Para pemenang menjalani beragam aktivitas wisata penuh petualangan sampai mencicipi kuliner khas Yogyakarta. Semuanya dipandu oleh biro perjalanan Jogja Geowisata.

Selain itu, para pemenang juga merasakan kenyamanan menginap di Hotel Santika Premiere Jogja, salah sesuatu properti dari jaringan hotel Santika Indonesia Hotels & Resorts.

Ikuti petualangan seru para pemenang di Yogyakarta. Kisah mereka tayang dalam liputan khusus: “Liburan Seru ala ‘Take Me Anywhere 2′”.

Sumber: http://travel.kompas.com