Ke Banyuwangi, Konjen AS Makan Di Rumah Apung

By | October 27, 2016

BANYUWANGI, KOMPAS.com – Heather C. Variava, Konsul Jenderal (Konjen) Amerika Serikat di Surabaya berkunjung selama beberapa hari di Kabupaten Banyuwangi sejak Senin (24/10/2016) hingga Selasa (25/10/2016).

Dia bersama rombongan menyempatkan diri mengunjungi rumah apung di wisata Bangsring Underwater dan Pantai Boom Banyuwangi.

Di tempat wisata Bangsring Underwater yg dikelola oleh kelompok nelayan Samudra Bhakti tersebut, Heather menyempatkan diri menikmati sajian makanan laut di atas rumah apung yg berada di perairan laut Bangsring.

(BACA: Rujak Kelang Khas Muncar Banyuwangi, Rasanya Campur-campur)

Bangsring Underwater yaitu kawasan konservasi laut seluas 5 hektar yg dikembangkan oleh para nelayan menjadi tempat wisata edukasi.

Di kawasan ini, para nelayan dilarang bagi melakukan aktivitas penangkapan ikan baik menjaring maupun memancing. Nelayan juga memperbaiki terumbu karang yg rusak dengan cara transplantasi.

(BACA: Kabar Gembira, Penerbangan Langsung Jakarta-Banyuwangi Segera Dibuka)

Kepada KompasTravel, Heather mengaku kunjungannya tersebut adalah kunjungan pertama di Banyuwangi dan sengaja mengunjungi Bangsring Underwater buat mengetahul secara segera kegiatan nelayan yg ada di Bangsring.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Heather C. Variava, Konjen Amerika Serikat di Surabaya (kemeja abu-abu) ketika berbincang dengan nelayan Bangsring di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (25/10/2016).

“Saya melihat aktivitas perlindungan alam yg luar biasa yg dikerjakan oleh para nelayan di sini. Sangat mengesankan, tak cuma melindungi laut tetapi juga bisa mempengaruhi budaya nelayan menjadi lebih baik,” ujar Heather.

Bangsring Underwater menjadi salah sesuatu kandidat penerima program International Visitors & Leadership Program (IVLP) yg digagas oleh pemerintah AS. IVLP adalah program reguler yg diadakan oleh Biro Kebudayaan dan Pendidikan, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

Program pertukaran unggulan ini dibuat bagi membangun saling pengertian antara Amerika Serikat dan negara-negara lain, lewat kunjungan ke Amerika Serikat yg diwakili oleh orang-orang pilihan dari banyak negara.

Selain menikmati makan siang di atas rumah apung, Heater juga menyempatkan diri memberi makan ikan liar yg ada di sekitar rumah apung.

“Nanti pada kesempatan selanjutnya aku mulai kembali ke sini buat snorkeling. Ikannya dapat terlihat segera dari sini,” ungkapnya sambil tersenyum seraya melempar roti ke arah ikan liar di sekitar rumah apung.

Selain itu, dia bersama dua nelayan juga melakukan transplantasi terumbu karang di perairan Bangsring.

Heather menjelaskan selama ini Pemerintah Amerika sudah menjalin hubungan baik dengan Pemkab Banyuwangi khususnya di bidang pendidikan melalui pengiriman relawan peace corps merupakan program unggulan Pemerintah Amerika Serikat buat menjembatani budaya dan membangun pemahaman yg lebih besar di tingkat masyarakat.

Relawan Peace Corp tinggal dan bekerja di dalam komunitas selama beberapa tahun. Di Banyuwangi pada tahun 2015 para relawan ini jumlahnya 15 orang. Mereka menjadi guru bahasa Inggris di berbagai sekolah.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Konjen Amerika Serikat di Surabaya, Heather C Variava ketika transplantasi terumbu karang di Pantai Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (25/10/2016).

Selain mengunjung rumah apung Bangsring Underwater, Heather juga menikmati keindahan Pantai Solong Banyuwangi dan melepas tukik di Pantai Boom.

Heather berharap pada kunjungannya yg pertama tersebut dapat membangun hubungan yg lebih kuat antara Amerika Serikat dan Indonesia khususnya di Banyuwangi.

“Tidak menutup kemungkinan nanti dapat ada kerja sama-kerja sama lainnya dengan Banyuwangi khususnya di bidang pendidikan,” katanya.

Sumber: http://travel.kompas.com