“Wonderful Indonesia” Menangi Best Destination Marketing Award 2016

By | October 29, 2016

JAKARTA, KOMPAS.com — Logo promosi dan slogan “Wonderful Indonesia” yg dikeluarkan Kementerian Pariwisata berpengaruh cukup besar terhadap meningkatnya aspek pariwisata di Indonesia. Buktinya, “Wonderful Indonesia” menang atas The Best Destination Marketing 2016 yg diberikan Travel Weekly Asia.

Penghargaan ini digelar pada 17 Oktober 2016 di Mandarin Orchard Singapura. Penghargaan diberikan segera oleh President Northstar Travel Group, Robert G Sullivan, kepada Assistant Deputy for International Marketing ASEAN Region dari Kementerian Pariwisata, Rizki Handayani Mustafa, sebagai perwakilan dari Menteri Pariwisata Arief Yahya.

(Baca: Wonderful Indonesia “Mejeng” di Times Square New York)

“Terima kasih Travel Weekly Asia, ini sungguh menjadi suatu pencapaian. Wonderful Indonesia mendapatkan apresiasi yg baik di segala dunia. Ini membuktikan bahwa Indonesia milik destinasi yg eksotis dan pantas dijual,” tutur Rizki seperti dikutip situs resmi pariwisata Indonesia, indonesia.travel, Kamis (27/10/2016). 

Slogan “Wonderful Indonesia” menang karena mendapatkan respons yg positif dari pembaca Travel Weekly Asia. Menpar Arief Yahya gencar memberikan strategi promosi, termasuk Branding-Advertising-Selling (BAS) yg diimplementasikan pada 2015-2016.

Strategi tersebut rupanya berbuah manis. Data World Economic Forum (WEF) menunjukkan, Indonesia kini berada di peringkat ke-47 dalam Travel and Tourism Competitiveness Index. Padahal sebelumnya, Indonesia tak masuk sama sekali dalam peringkat yg ditempati oleh 144 negara.

Strategi promosi lainnya yg digencarkan Arief Yahya adalah Attraction, Accesibility, Amenity (3A). Ada 10 destinasi penting yg dipromosikan buat menggaet 20 juta wisatawan pada 2019.

Sumber: http://travel.kompas.com