Pekan Raya Indonesia Yang Ramah Anak

By | November 4, 2016

BANTEN, KOMPAS.com – Seorang bapak menggendong anaknya sembari menunjuk kuda poni, domba, juga kelinci. “Itu lihat dek, dombanya sedang menyusui,” kata sang bapak pada anaknya yg masih batita.

Pemandangan tersebut agaknya gampang dijumpai di perkebunan atau pedesaan. Namun momen ayah-anak kali ini berlangsung di Indonesia Convention Exhibition, Serpong, Banten, tepatnya ketika acara Pekan Raya Indonesia (PRI).

Ya, PRI menggandeng dua industri kreatif buat mengadakan aktivitas seru untuk anak. Contohnya Sheriff Ranch yg yaitu kebun binatang mini. Ada pula arena paint ball yg bisa dijajal oleh anak usia minimal delapan tahun. Ada juga arena sepeda, go kart, becak mini, Conjuring House atau wahana rumah hantu, sampai wahana rumah salju. 

Kompas.com/Silvita Agmasari Arena bermain anak di Pekan Raya Indonesia.

Aktivitas ini menjadi pilihan untuk orang tua buat mampu membawa anak berwisata namun tidak terlalu jauh dari ibu kota. Sementara anak bermain, sang ibu dan bapak juga bisa mengincar barang-barang diskon atau menjajal makanan kuliner legendaris di PRI.

KompasTravel cukup terkejut saat mengelilingi PRI yg terdiri dari 10 hall, Selasa (1/11/2016). Ternyata, tempat bermain bagi anak bukan cuma di hall sembilan. Di hall tiga juga terdapat arena bermain anak, persis di sebelah hall 3A yg menjual elektronik dan otomotif. 

Kompas.com/Silvita Agmasari Arena bermain anak di Pekan Raya Indonesia.

Ketika para ibu belanja pakaian dan peralatan rumah tangga di hall tujuh, bapak bisa membawa anak bermain di arena bermain yg terdapat hall sembilan. Begitu juga ketika para bapak belanja barang-barang otomotif.

Pertimbangan denah lokasi yg matang dari penyelenggara PRI memang patut diacungi jempol, karena berhasil menempatkan dan menyediakan dua arena bermain anak. Tak lupa ruangan nursery atau ruang khusus memberi ASI dan mengganti popok anak. Ketika anak senang, ibu dan bapak pasti tenang.

Sumber: http://travel.kompas.com