Jakarta Ada Demo 4 November, Alihkan Wisata Anda Ke Bogor

By | November 5, 2016

JAKARTA, KOMPAS.com – Demo 4 November di Jakarta diprediksi mulai menimbulkan kemacetan dulu lintas. Ribuan massa pendemo terpantau sudah memadati dua titik seperti kawasan Istana Merdeka.

Nah, seandainya tidak ingin terkena kemacetan, berlibur ke Bogor mampu jadi pilihan. Berikut KompasTravel himpun 5 tempat wisata yg mampu dikunjungi di Bogor.

1. Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya Sindang Barang terletak di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Di sini, wisatawan mampu melihat rumah tinggal ketua adat yg disebut Imah Gede.

(BACA: Menpar Berharap Unjuk Rasa 4 November Tak Ganggu Pariwisata)

Anda juga mampu mengelilingi dan melihat leuit alias rumah penyimpanan padi. Ada pula penginapan bagi tamu terhormat, atau disebut Bale Pesanggrahan.

Melepas penat sejenak dari hiruk pikuk demonstrasi, di sana Anda dapat menyesap kearifan lokal masyarakat Sunda.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan berada di depan kompleks pemakaman Belanda yg ada di dalam Kebun Raya Bogor, Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/12/2015). Makam Belanda di Kebun Raya Bogor adalah salah sesuatu obyek wisata yg dikunjungi pada acara Media Trip Ezytravel.co.id “Jalan-Jalan Bogor Seru” 15-16 Desember 2015.

2. Makam Belanda di Kebun Raya Bogor

Di Kebun Raya Bogor, ada sesuatu tempat bersejarah yg mampu dikunjungi. Anda dapat melihat kompleks pemakaman bergaya Belanda di Kebun Raya Bogor.

Area pemakaman Belanda tua ini terletak di dekat Gedung LIPI dan berada di dalam komplek Kebun Raya Bogor. Di sana yaitu tempat pemakaman keluarga dekat Gubernur Jenderal Hindia Belanda misalnya D.J. de Eerens, Gubernur Jenderal Hindia Belanda yg menjabat tahun 1836-1840.

(BACA: Makam Belanda Ini Terkesan Seram, Padahal Penghuninya Bukan Orang Sembarangan)

Wahyu Adityo Prodjo Patung Buddha Tidur terbesar di Indonesia yg ada di Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat, Bogor, Jawa Barat.

3. Patung Buddha Tidur

Di tengah kemacetan Jakarta, Anda dapat berwisata melihat patung Buddha tidur seperti di Thailand. Anda mampu mengunjungi Wihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat. Wihara itu beralamat di Kampung Jati RT002/06 Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Anda mampu melihat patung “Sleeping Buddha” berukuran sepanjang 18 meter dan setinggi 5 meter. Patung Buddha ini berada di bawah lindungan atap salah sesuatu bangunan wihara.

Di sisi kiri dan kanan Buddha Tidur, miniatur Buddha duduk berjajar di dalam lemari kaca. Patung ini dimulai dibangun pada tahun 2010 dan diresmikan oleh Djoko Wuryanto selaku Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Agama Buddha Kementerian Agama Republik Indonesia pada tahun 2012.

(BACA: Berkunjung ke Wihara Sleeping Buddha Bogor? Perhatikan Hal Ini…)

KOMPAS.com / RODERICK A MOZES Pengunjung berfoto selfie di Kebun Raya Bogor, Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/7/2016). Pada H 3 Lebaran dimanfaatkan wisatawan buat mengunjungi obyek wisata.

4. Berfoto di Kebun Raya Bogor

Setelah mengunjungi pemakaman Belanda di Kebun Raya Bogor, Anda dapat mengelilingi buat “selfie” di bawah rindangnya pepohonan. Tempatnya yg sangat luas membuat kebun ini menyimpan berbagai spot foto unik, dan cuma mampu diperoleh di kebun ini.

Anda dapat berfoto di titik yg terbilang menegangkan seperti Jembatan Gantung. Jembatan ini melintasi lebarnya Sungai Ciliwung kerap bergetar atau bergoyang saat dilalui wisatawan.

(BACA: 5 Spot Foto “Instagramable” di Kebun Raya Bogor)

JUNGLELAND.CO.ID Anda mulai berputar dan diayun di atas piring raksasa sampai ketinggian 15 meter! Tentunya dengan kecepatan yg mulai selalu meningkat sampai anda terasa seperti mulai terlempar ke lagit. Wahana ini berkapasitas lebih dari 20 orang.

5. Menikmati wahana di Jungleland

Masih di kawasan Sentul, Jawa Barat, Anda mampu mengunjungi Taman rekreasi Jungleland. Anda mampu menikmati wahana yg menantang adrenalin ataupun wahana lainnya yg tak pernah ditemui sebelumnya di Indonesia.

Anda dapat menikmati wahana Air Race yg disebut-sebut wahana terseram di Indonesia. Wahana pertama di Asia ini telah banyak terkenal karena perputarannya di setiap kursi yg mencapai 360 derajat! Pastinya juga dengan kecepatan yg tak main-main.

Belum puas dengan wahana yg ekstrim? Wahana Disk’O wajib Anda naiki. Wahana ini yaitu wahana pertama di Indonesia. Namun wahana ini diperuntukan cuma bagi remaja dan dewasa dengan tinggi diatas 135cm.

(BACA: Main-main di Jungleland? Jangan Lewatkan 5 Wahana Terbaik Ini)

Sumber: http://travel.kompas.com