Komisi X DPR Dukung Pengembalian Prasasti Singosari Dari Belanda

By | November 7, 2016

MALANG, KOMPAS.com – Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat RI Kresna Dewanata Phrosakh mendukung upaya Pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur buat mengambil kembali prasasti Kerajaan Singosari yg ada di Belanda.

Menurutnya, prasasti tersebut termasuk bagian dalam kekayaan nenek moyang sehingga harus dilestarikan. “Saya berharap itu dapat didorong dan dapat direalisasikan. Karena kami tahu bahwa itu yaitu kekayaan nenek moyang kita,” katanya usai mengisi diskusi di Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (6/11/2016).

Ia mengaku belum mengetahui secara pasti bagaimana prasasti tersebut mampu sampai di negeri kincir angin itu. Namun demikian, pemerintah menurutnya wajib bagi berupaya mengambil kembali prasasti tersebut.

“Dari aspek legalitas kalian kan tak tahu, seperti apa ketika itu, candi-candi dan prasasti lainnya itu telah ada di Belanda. Mungkin pada waktu penjajahan dan lain-lain. Kita dapat meminta kepada Pemerintah Belanda bahwa itu dikembalikan dan dijadikan cagar budaya,” jelasnya.

Tidak cuma bagi Pemerintah Kabupaten Malang, ia juga mulai mendorong Kementerian Pariwisata dan Kedutaan Besar Republik Indonesia yg ada di Belanda bagi andil dalam upaya mengembalikan prasasti Singosari itu.

Upaya itu menurutnya mampu dikerjakan dengan cara diplomasi antar negara. “Kita juga ingin mendorong Kementrerian Pariwisata mampu melakukan itu, juga kepada perwakilan-perwakilan Dubes kami yg ada di Belanda,” ungkapnya.

KOMPAS.com/ANDI HARTIK Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat RI Kresna Dewanata Phrosakh usai mengisi diskusi di Kota Batu, Jawa Timur, Minggu (6/11/2016).

Jika usaha telah dilakukan, Kresna optimistis prasasti itu dapat kembali. Apalagi Pemerintah Kabupaten Malang telah membangun Museum Singasari yg d idalamnya memuat tentang sejarah Kerajaan Singosari yg sempat berjaya di di Malang pada abad ke 12 hingga abad ke 14.

“Kita milik fasilitas Museum Singasari yg baru dibuat. Kita harus optimis,” ungkapnya.

Kabupaten Malang melalui sejarah Kerajaan Singosari berencana mulai mengembangkan wisata heritage. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Malang akan menginventarisasi benda-benda bersejarah yg masih tersisa.

Termasuk mulai berupaya memulangkan prasasti Kerajaan Singosari yg mulai di Belanda. Di antara prasasti Kerajaaan Singosari yg ada di Belanda adalah Patung Ken Dedes dan Ganesha.

Sumber: http://travel.kompas.com