Ternyata, Wasabi Dan Shoyu Sebaiknya Tidak Dicampur

By | November 8, 2016

KOMPAS.com – Sashimi atau irisan tipis ikan segar yg mentah, yaitu makanan Jepang yg begitu populer. Di Indonesia, sashimi juga begitu digemari.

Biasanya penikmat sashimi, milik kebiasaan mencampur wasabi dengan kecap Jepang (shoyu). Kemudian ikan dicocol di campuran tersebut.

Seperti dikutip dari Rocketnews24, ternyata kebiasaan ini salah. Aturan makan sashimi malah menganjurkan agar tak mencampur wasabi dengan shoyu.

Jika wasabi dan shoyu dicampur, hal ini dipandang cuma mulai menghancurkan rasa dari shoyu. Selain itu, aroma wasabi juga dapat hilang. Pada akhirnya mencampur kedua bahan ini cuma membuat aroma dan rasa kedua bahan tersebut jadi berkurang.

(Baca juga: Wasabi yg Anda Makan Selama Ini Mungkin Bukan Asli)

Selain itu, campuran wasabi dan shoyu tak tampak cantik. Jadi bagaimana cara memakai wasabi dan shoyu?

Taruh sejumput wasabi di sesuatu sashimi yg mulai Anda makan. Lalu cocol sisi lainnya ke shoyu. Hal ini mulai menghasilkan sashimi dengan rasa tegas dari kedua “saus” tersebut. Rasanya pun menjadi seimbang antara kesegaran sashimi, pedas wasabi, dan asinnya shoyu.

Tips lainnya ketika makan sashimi adalah makan akan dari ikan berwarna terang baru ke yg paling gelap. Ada pandangan bahwa semakin gelap warna daging ikan tersebut, rasanya semakin kuat.

Sehingga seandainya Anda makan akan dari warna terang ke yg gelap, Anda tak perlu khawatir rasa ikan sebelumnya mulai mengalahkan rasa ikan selanjutnya.

Sumber: http://travel.kompas.com