Nusa Ceningan, Pulau Kecil Yang Lagi “Hits” Di Bali

By | November 8, 2016

KLUNGKUNG, KOMPAS.com – Bali bukan melulu Kuta. Bukan pula melulu Ubud. Tempat wisata eksotis terhampar di provinsi seluas 5.780 kilometer persegi itu.

Akhir Oktober 2016 lalu, KompasTravel berkesempatan mencicipi indahnya salah sesuatu tempat wisata di Bali yg terbilang masih ‘tersembunyi’. Nusa Ceningan.

Pulau itu dapat jadi alternatif pilihan liburan anda pada penghujung 2016. Pulau Ceningan atau dalam bahasa setempat Nusa Ceningan adalah salah sesuatu pulau di tenggara Bali yg masuk ke dalam wilayah administratif Kabupaten Klungkung.

Pulau yg baru berkembang pariwisatanya sekitar lima tahun terakhir itu terletak di tengah gugusan beberapa pulau yang lain yg tak kalah menyimpan keindahan, Nusa Lembongan dan Nusa Penida.

Jernihnya Laut dan Megahnya Gunung

Sabtu, 29 Oktober 2016, pukul 10.00 WIB aku berada di Pantai Sanur. Boat berkapasitas sekitar 60 orang telah tertambat di tepi pantai pasir putih yg sangat terik. Dengan boat itulah aku dan wisatawan yang lain menyeberang ke Nusa Lembongan.

Harga tiket boat yakni Rp 250.000 per orang buat pulang pergi. Jika anda ingin harga yg lebih murah, mampu memakai Kapal Roro, yakni Rp 75.000 bagi sekali jalan. Namun, harus cepat dipesan lantaran transportasi macam itu laku keras.

Perjalanan dari Pantai Sanur ke Nusa Lembongan membutuhkan waktu sekitar 45 menit. Ombak perairan itu cukup buat membuat penumpang mabuk laut. Namun, air lautnya sangat jernih sehingga dasarnya terlihat.

Megahnya Gunung Agung juga kelihatan sepanjang perjalanan. Bagi saya, inilah yg menjadi penawar mabuk laut. Sesampainya di Lembongan, aku menyewa mobil pick up yg dimodifikasi agar mampu diduduki penumpang. Harganya, Rp 150.000. Tentu dengan proses tawar menawar yg alot terlebih dulu dengan pemandu setempat.

Lika-liku dan turunan-tanjakan jalan di Lembongan selama 15 menit akhirnya membawa aku sampai di sisi yang lain pulau, yakni Jembatan Kuning. Dari situlah aku menyeberang ke Nusa Ceningan memakai kapal nelayan.

Untuk diketahui saja, Jembatan Kuning ambruk dua waktu lalu. Sembilan nyawa melayang akibat insiden itu. Sejak itu, penyeberangan 10 menit dari Nusa Lembongan ke Nusa Ceningan cuma dapat memakai kapal nelayan.

Per orang wisatawan dikenakan harga Rp 10.000 buat sekali penyeberangan. Sementara, buat warga setempat cuma dikenakan Rp 5.000 saja.

Jika Jembatan Kuning telah diperbaiki, aku menyarankan anda buat segera menyewa motor di Nusa Lembongan. Harga sewa motor transmisi matik per harinya Rp 80.000. Dengan begitu, anda dapat mengelilingi Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan cuma dengan memakai motor dan tak perlu memakai mobil pick up.

Sumber: http://travel.kompas.com