4 Cara Manfaatkan “Google App” Saat Liburan

By | November 9, 2016

SURABAYA, KOMPAS.com – Saat traveling ke sebuah daerah terutama destinasi yg baru pertama kali dikunjungi, pasti Anda menyiapkan banyak hal termasuk itinerary. Kini, para wisatawan dapat mencari tempat-tempat baru dan beragam keterangan lainnya lewat Google App.

Apa itu Google App dan seperti apa kelebihannya bagi wisatawan? Google App adalah aplikasi besutan Google yg dapat melakukan pencarian berdasarkan perintah suara. Mulai akhir 2014 aplikasi ini tersedia dalam bahasa Indonesia.

Dengan Google App, Anda tinggal memasukkan perintah suara tanpa harus mengetik. Aplikasi ini pun memungkinkan Anda segera mengontak teman atau kerabat yg ada di Contact List, serta melakukan pemesanan taksi dan ojek online tanpa lebih dahulu masuk ke aplikasi yg bersangkutan.

(BACA: Bagaimana “Google Trips” Membantu Kita Saat “Traveling”?)

“Sebetulnya tidak cuma buat wisatawan, tetapi juga warga kota tersebut yg ingin coba hal dan menyambangi tempat baru, misal di akhir pekan,” tutur Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami kepada KompasTravel di sela-sela kegiatan #SelaluTauYangSeru di Domicile Restaurant, Surabaya, Senin (7/11/2016).

Sedikitnya ada empat cara maksimal memakai Google App agar berguna, bahkan menjadi “asisten pribadi” ketika liburan. Berikut daftarnya.

1. Gunakan perintah suara. Saat sedang melakukan aktivitas yg memakai beberapa tangan, misal menyetir mobil, Anda dapat mencari keterangan lewat perintah suara. Teknologi voice search pada Google App sudah diperbarui bagi dapat memahami aksen dan bahasa tak baku.

Misal, ketika liburan ke Surabaya, bukalah Google App dan katakan “OK Google, rawon dekat sini.” Perlu diperhatikan, fitur voice search mulai bekerja maksimal dalam bahasa Indonesia. Sebelum menggunakannya, masuklah ke menu ‘setelan’ kemudian ‘bahasa penelusuran’ dan ubah menjadi Bahasa Indonesia.

Lengkapi langkah selanjutnya dengan masuk ke pilihan ‘Suara’. Pilih Bahasa Indonesia sebagai bahasa penting dan simpan pengaturan.

2. Mencari spot baru dan pengalaman berbeda di destinasi tujuan. Google App mampu menolong menemukan keterangan seputar hal-hal unik di kota yg Anda kunjungi. Misal Anda tengah berkunjung ke Surabaya dan mencari spot foto yg unik. Katakanlah, “OK Google, spot foto baru di Surabaya.”

Selain itu, Google App juga dapat menginformasikan prakiraan cuaca. Anda tinggal bertanya, “Apakah hari ini mulai hujan?” dan Google App mulai menjawab lengkap dengan suara berbahasa Indonesia.

3. Menemukan rute jalan terbaik dan mode transportasi. Google App sudah terintegrasi dengan Google Maps. Hal ini memudahkan Anda dalam merencanakan perjalanan tanpa harus membuka dua aplikasi tersebut.

Coba katakan, “Arah ke bandara,” dan Google App mulai membeberkan rute terbaik serta pilihan moda transportasi. Anda mampu mengetahui dua pilihan transportasi umum akan dari taksi, bus, ojek dan taksi online, sampai Transjakarta secara real time.

4. Membantu melakukan hal kecil. Dengan memberi perintah suara pada Google App, Anda dapat menyetel timer atau alarm, mengirim SMS, atau melakukan panggilan telepon.

“OK Google, telepon Mama.” Begitu misalnya.

Namun, bagi sms dan telepon sampai ketika ini baru tersedia pada perangkat Android. Veronica mengatakan, secepatnya mulai mengaplikasikan fitur tersebut pada perangkat iOS.

Sumber: http://travel.kompas.com