Menghilang Sejenak Di Tengah Laut Raja Ampat? Coba Penginapan Ini…

By | November 10, 2016

RAJA AMPAT, KOMPAS.com – Setiap sudut di Raja Ampat, Papua Barat terasa meninggalkan kesan tersendiri. Seperti obyek wisata Pianemo yg termasuk di distrik Waigeo Barat Kepulauan. Ada gugusan batuan karst yg kelihatan “berserakan” di atas laut.

Tak jauh dari Pianemo, masih ada pemikat wisatawan buat datang. Ia adalah Pulau Rufas. Di pulau ini terdapat laguna jernih serta pasir putih yg menghampar.

(BACA: Laguna Pulau Rufas, Mutiara Tersembunyi di Raja Ampat)

Walau terletak di tengah perairan laut Raja Ampat, wisatawan di sini mampu “menghilang” sejenak di Pulau Rufas. Bagaimana caranya?

Di Pulau Rufas terdapat penginapan berbentuk rumah panggung tradisional khas Raja Ampat yg dapat mengakomodasi kebutuhan penginapan wisatawan. Penginapan dengan dinding batang sagu dan beratap daun sagu berdiri di Pulau Rufas.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Kasur di dalam kamar penginapan berbentuk rumah panggung tradisional khas Raja Ampat di Pulau Rufas, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Raja Ampat, Papua Barat, Senin (1/11/2016). Di Pulau Rufas, wisatawan mampu menikmati laguna jernih, berenang, snorkeling di sisi dermaga pulau, dan juga mendaki bukit karst Pulau Rufas.

Pemilik penginapan di Pulau Rufas, Soleman Kapisai menyebut beberapa rumah penginapannya yg masing-masing memiliki beberapa kamar. Setiap kamarnya berukuran 2,5 meter x 2 meter.

Di kamar penginapan sederhana punya Soleman, tersedia beberapa kasur lengkap dengan bantal juga guling. Sebuah jendela tersedia bagi memudahkan pertukaran udara.

(BACA: Kisah Asal Usul Nama “Pianemo” di Raja Ampat)

“Penginapan ini telah aku bangun beberapa tahun. Baru beberapa kali yg menginap. Pertama tiga orang, yg kedua tujuh orang. Semuanya dari Australia,” jelas Soleman ketika berbincang dengan wartawan di sela-sela acara paket wisata bahari “Let’s Go Raja Ampat” PT Pelni dua waktu lalu.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Toilet duduk di penginapan berbentuk rumah panggung tradisional khas Raja Ampat di Pulau Rufas, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Raja Ampat, Papua Barat, Senin (1/11/2016). Di Pulau Rufas, wisatawan dapat menikmati laguna jernih, berenang, snorkeling di sisi dermaga pulau, dan juga mendaki bukit karst Pulau Rufas.

Meski berada di tengah laut, fasilitas listrik, makanan, minuman, dan air bersih mulai tersedia bagi tamu. Soleman mulai menyediakan pasokan air bersih dan kebutuhan tamu.

Listrik dihasilkan dari tenaga surya dan generator listrik. Menurut Soleman, listrik mampu memenuhi kebutuhan penerangan dan lampu.

Dua penginapan di Pulau Rufas terletak terpisah. Satu di dekat laguna Pulau Rufas dan lainnya di tengah pulau dekat dermaga.

Kamar mandi juga sudah tersedia. Soleman menyediakan toilet duduk dan sesuatu kamar mandi bagi tamu.

Di tengah Pulau Rufas, ada sesuatu pondok lengkap dengan meja dan bangku yg dibangun oleh Soleman. Pondok itu dapat digunakan bagi berkumpul dan juga makan.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Pondok di tengah Pulau Rufas, Distrik Waigeo Barat Kepulauan, Raja Ampat, Papua Barat, Senin (1/11/2016). Di Pulau Rufas, wisatawan mampu menikmati laguna jernih, berenang, snorkeling di sisi dermaga pulau, dan juga mendaki bukit karst Pulau Rufas.

Ada dua kegiatan yg dapat dikerjakan di seputar Pulau Rufas. Wisatawan mampu berenang di laguna, snorkeling di sisi dermaga, bersantai di pulau, dan juga mendaki bukit Pulau Rufas.

Tarif menginap di penginapan punya Soleman merupakan Rp 400.000 per orang per malam. Wisatawan yg menginap mulai mendapatkan makan tiga kali sehari.

Wisatawan yg ingin menginap di Pulau Rufas tidak dapat tiba segera layaknya di homestay yang lain di Raja Ampat. Wisatawan mampu memesan terlebih lalu di nomor 082248473204 dan 082311549773.

Sumber: http://travel.kompas.com