Ini Alasan Kuliner Thailand Sukses Di Kancah Internasional

By | September 19, 2016

JAKARTA, KOMPAS.com – Kuliner Thailand memiliki posisi yg kuat di kancah internasional. Hampir di semua kota-kota besar dunia terdapat restoran Thailand. Selain itu, dua kuliner Thailand juga memiliki branding yg kuat di masyarakat dunia, contohnya sup asam segar yakni Tom Yum.

Tenarnya kuliner Thailand di dunia tidak lepas dari andil pemerintah Thailand sendiri.

“Ada proyek dari pemerintah Thailand bagi memberi insentif untuk orang yg membuka restoran Thailand di luar negeri,” kata Indra Nugraha, Marketing Manager Tourism Authority of Thailand, ketika ditemui di acara Thai Culinary Feast, The Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Selain pemberian insentif, pemerintah Thailand juga terbilang ketat soal standarisasi rasa makanan yg mulai dijual baik di dalam maupun luar negeri.

“Ini supaya rasanya sama, jadi tak di sesuatu restoran enak di restoran lainnya tidak enak. Nantinya restoran mulai mampu logo dari pemerintah Thailand setelah proses standarisasi,” kata Indra.

Bagian pemerintah Thailand yg mengatur standarisasi dan kebijakan terkait kuliner Thailand menurut Indra disebut Division of Thai Export Promotion. Usaha pemerintah Thailand buat menjaga rasa masakan tradisonal dan mengembangkan bisnis hingga terkenal di segala dunia cukup berhasil.

Terbukti, ada empat makanan Thailand yg termasuk dalam 50 makanan terlezat di dunia versi CNN. Empat makanan tersebut adalah Som Tam atau salad pepaya muda segar, Nam Took Mo atau babi panggang dengan perasan jeruk lemon, cabai, dan bawang. Kemudian ada Tom Yam Goong atau sup asam pedas dengan udang, dan terahkir ada Massaman Curry yg digadang rajanya kari dan jadi nomor sesuatu diantara 50 makanan terlezat dunia versi CNN.

******

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang mulai mendapatkan kesempatan liburan gratis yg seru ke Yogyakarta selama tiga hari beberapa malam.

Hadiah telah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis “Take Me Anywhere 2”

 

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.