“Rare”, “Medium”, Atau “Well Done” Dalam Steik, Ini Penjelasannya…

By | September 20, 2016

JAKARTA, KOMPAS.com — Bagi sebagian orang, menyantap daging steak atau steik dengan baluran bumbu barbeku tentu mulai menggoyang lidah dan membuat ketagihan. Kematangan daging yg bervariasi mulai menyajikan sensasi yg berbeda.

Nah, biasanya ketika memesan menu steik, pramusaji mulai bertanya tentang tingkat kematangan daging yg dikehendaki oleh konsumen. Pramusaji mulai menyebutkan istilah rare, medium rare, medium, medium well, atau well done.

Apakah maksud dari istilah-istilah tersebut? Simak penjelasan Chef Roberstus Wisnu Untoro yg sudah melanglang buana di dunia masak selama lebih kurang 25 tahun.

1. Rare

Tingkat kematangan daging steik rare memiliki lama pemanggangan yg tidak lama. Chef Wisnu mengatakan, pada tingkat ini daging steik cuma dipanggang 3-5 menit.

Pada karakteristik daging steik yg dimasak dengan tingkat kematangan rare, sebagian besar masih mentah, masih berwarna merah, dan daging masih terasa berair (juicy).

2. Medium rare

Medium rare adalah sesuatu tingkat di atas rare. Pada tingkat ini, daging steik sudah matang di bagian luar, tapi masih banyak daging yg mentah pada bagian tengah.

Tingkat juicy pada medium rare biasanya masih bisa dirasakan. Tekstur daging pada tingkat medium rare cenderung empuk dan lembut.

The Park Lane Jakarta Steak

3. Medium

Setingkat di atas medium rare, tingkat kematangan daging lainnya adalah medium. Pada tingkat ini, daging sudah matang pada bagian luar, tapi masih tersisa bagian yg mentah pada bagian tengah.

Tingkat kemerahan daging pada medium adalah merah muda. Pada level ini, rasa juicy dari daging masih mampu dirasakan.

4. Medium well

Menurut Wisnu, tingkat kematangan medium well adalah perpaduan antara daging yg cukup empuk dan sisa-sisa juicy yg masih terasa. Pada tingkat ini, warna merah daging sudah tersisa sedikit di bagian tengah.

5. Well done

Tingkat kematangan daging steik yg terakhir adalah well done. Pada tingkat ini, daging steik sudah matang secara sempurna.

Daging sudah berwarna coklat dan tekstur daging terbilang keras. Sensasi juicy pada daging buat level ini telah tidak terasa.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang mulai mendapatkan kesempatan liburan gratis yg seru ke Yogyakarta selama tiga hari beberapa malam.

Hadiah telah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis “Take Me Anywhere 2”

Sumber: http://travel.kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.