Catat, 6 Tips “Selfie” Saat Liburan Ala “Take Me Anywhere 2”

By | September 22, 2016

KOMPAS.com – Sah saja bila Anda melakukan selfie saat sedang berwisata. Apalagi seandainya komposisi foto tersebut terbilang bagus, dengan latar tempat yg kelihatan jelas.

Sebelum mengunggah foto selfie di media sosial, ada dua tips yg mampu Anda praktekkan. KompasTravel bertanya kepada beberapa travel blogger Indonesia yakni Satya Winnie dan Ariev Rahman.

Menurut Satya dan Ariev, ada dua hal yg perlu diperhatikan seandainya ingin mengunggah foto selfie saat traveling

Sedikit memoles wajah

“Biar wajah kelihatan cerah pas selfie, bolehlah dipulas sedikit,” tutur Satya. 

Bagi perempuan, sebelum mengambil foto selfie cobalah merapikan rambut dan memoles bibir dengan sedikit lipstick. Lap wajah seandainya dirasa berminyak, dan taburi sedikit bedak.

“Asal tak menor. Kan lagi traveling, bukan kelas make up. Hahaha,” tambahnya.

Latar belakang

Background alias latar belakang memegang peranan utama ketika selfie. Saat liburan, pantang hukumnya mengambil selfie dengan sesuatu wajah memenuhi layar smartphone.

Background yang cantik membuat foto kami ciamik. Selfie kan tak melulu sesuatu wajah selebar layar,” papar Satya.

“Tetap tersenyum. Pastikan muka tak menutupi sebagian besar objek,” tambah Ariev.

Perhatikan keamanan

Banyak masalah turis terjatuh, bahkan sampai meninggal ketika sedang selfie di tempat wisata. Perhatikan keamanan, dan jangan meloncati garis batas yg berlaku di tempat tersebut.

“Apalagi kalau ingin selfie di tempat rawan seperti tebing, air terjun, gedung tinggi, puncak gunung. Tetap utamakan keselamatan dibandingkan foto ya,” papar Satya.

Pose dan angle 

Selfie tak melulu harus menghadap kamera. 

“Bisa nyamping, menghadap ke belakang, dapat juga angle dari atas. Agar lebih variatif foto-foto selfie-nya,” papar Satya. 

Pakai tongsis

Jika memakai kamera biasa, gunakan fitur timer saat mengambil foto selfie.

“Kalau memakai ponsel, gunakan tongsis,” tutur Ariev.

Kamera dengan resolusi tinggi 

“Paling penting, milik kamera yg resolusinya oke,” tutur Satya. 

Salah sesuatu ponsel dengan kamera selfie terbaik adalah Oppo F1s. Dengan kamera depan 16 MP dan sensor sebesar 1/3.1 inci, ponsel ini mampu menghasilkan gambar yg lebih terang dan detail yg lebih tajam.

Kamera Oppo F1s juga memiliki aperture besar yakni f2.0, sehingga sensitivitasnya tinggi dalam menyerap cahaya. Saat selfie pada malam hari, terdapat fitur Auto Brightness for Night Shot sehingga wajah tampak cerah namun tak menimbulkan cahaya berlebihan.

*****

Ingin merasakan “selfie” dengan Oppo F1s sambil liburan seru di Yogyakarta? ikuti kuis “Take Me Anywhere 2”. Setelah kesuksesan “Take Me Anywhere” pertama di Bali, kali ini “Take Me Anywhere” mulai mengajak pembaca berlibur ke Yogyakarta.

Kuis “Take Me Anywhere 2” ini diadakan KompasTravel bersama Oppo. Pemenang mulai mendapatkan kesempatan liburan gratis yg seru ke Yogyakarta selama tiga hari beberapa malam pada 14-16 Oktober 2016.

Hadiah telah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone Oppo F1s dan vocer belanja.

Kuis berlangsung dari tanggal 13 September hingga 2 Oktober 2016. Ada beberapa cara buat mengikuti kuis ini merupakan melalui “Photo Competition” atau “Quiz on Article”.

Khusus “Quiz on Article”, ada lima periode kuis yg mampu diikuti. Masing-masing periode buat mencari 1 (satu) orang pemenang. Cukup ikuti salah sesuatu dari lima kuis itu. Jika tak memenangkan kuis periode pertama, Anda dapat mengikuti kuis di periode berikutnya.

Nah, bagi “Quiz on Article”periode pertama merupakan artikel Mau Liburan Gratis di Yogyakarta? Ikuti Kuis “Take Me Anywhere 2” yg tayang pada 13 September 2016, pemenang yg beruntung: Kristian (Instagram/Twitter: @kristiancunks).

Quiz on Article periode 3

Ikuti kuis periode ketiga, jawab pertanyaan pada kolom kuis yg terletak di bawah artikel ini. Untuk mendapatkan jawabannya, baca artikel di atas dan juga artikel 4 Wisata Alam di Jogja bagi Penggemar “Selfie”

Pengumuman pemenang “Quiz on Article” periode ketiga mulai diumumkan pada tanggal 29 September 2016. Temukan jawaban bagi pertanyaan kuis di beberapa artikel di atas. Pertanyaan dan pilih jawaban ada di kolom kuis di bawah ini. Selamat mencoba!

Sumber: http://travel.kompas.com