7 Varian “Mooncake” Khas China Yang Menggugah Selera

By | September 24, 2016

KOMPAS.com – Pada hari ke-15 bulan ke-8 kalender China, warga keturunan Tionghoa merayakan Mid-Autumn Festival alias Moon Festival. Momen ini digunakan sebagai ajang “silaturahmi” bersama keluarga dan teman.

Sepanjang Mid-Autumn Festival, panganan yg tidak boleh terlewat adalah mooncake alias kue bulan. Warga keturunan Tionghoa di segala dunia menyantap kue yg kini hadir dengan beragam isian ini.

Ya, mooncake tak cuma yaitu kue manis berbentuk bulat. Di China, wisatawan dapat mendapatkan mooncake dengan beragam varian dan isi. Beda daerah, beda lagi varian rasanya.

Mengutip situs Discover China, setidaknya ada 7 varian rasa mooncake yang dapat pelancong temui di berbagai wilayah China.

1. Mooncake isi telur bebek dan pasta biji teratai

Telur bebek (duck yolk) dan pasta biji teratai adalah beberapa bahan yg biasa digunakan dalam masakan Cantonese. Begitu pun buat mooncake.

CHINA.COM.CN Mooncake alias kue bulan adalah panganan wajib buat masyarakat China selama berlangsungnya Mid-Autumn Festival.

Terbuat dari karamel, tepung, dan minyak, bagian luar kue ini renyah sekaligus lembut di bagian dalam. Salah sesuatu tempat menemukan mooncake varian ini adalah Lian Xiang Lou, sebuah kedai teh di Guangzhou yg memakai biji teratai asli dari Provinsi Hunan.

2. Mooncake isi daging babi cacah

Mayoritas kue bulan bercita rasa manis. Namun rupanya, di China sendiri terdapat mooncake bercita rasa asin. Mooncake jenis ini populer di wilayah selatan Sungai Yangtze seperti Shanghai, Suzhou, dan Hangzhou.

CFP/DISCOVER CHINA Mooncake ini berisi daging babi cacah (minced pork) dengan kulit luar yg flaky mirip bakpia.

Mooncake ini berisi daging babi cacah (minced pork) dengan kulit luar yg flaky mirip bakpia.

3. Mooncake ala Beijing

Dengan lingkaran merah di bagian luar, zilaihong adalah macam mooncake tradisional ala Beijing. Bagian luarnya renyah, dengan bagian dalam bercita rasa manis yg terdiri dari biji buah peach dan orange peels.Anda dapat menemukan zilaihong di Dao Xiang Cun, Beijing. Ini adalah toko yg menjual aneka makanan khas Beijing.

4. Mooncake khas Chaoshan

Dari luar, kue ini tak kelihatan seperti mooncake. Bagian luarnya lebih mirip pastry. Namun layaknya kue ala Cantonese, mooncake ala Chaoshan milik rasa dan aroma mentega yg kuat.

Mooncake ini milik beragam isian manis. Pasta kacang merah dan taro (ubi ungu) adalah yg paling populer.

5. Mooncake isi Yunnan Ham

Berasal dari Provinsi Yunnan, mooncake ini berisi daging ham dan madu serta dua bahan lainnya. Tepung yg digunakan bagi adonan luarnya yaitu purple wheat yang tumbuh di daerah Kunming.

Tak ada tempat spesifik yg menjual mooncake ini. Anda harus menyambangi dua daerah di Provinsi Yunnan bagi mencobanya sendiri.

6. Mooncake isi pasta kacang hijau

Biasanya, mooncake manis milik isian kacang merah. Namun buat warga Provinsi Fujian dan Taiwan, mooncake isi kacang hijau (mung bean) cukup populer sepanjang Mid-Autumn Festival. Mooncake yang mirip bakpia ala Jogja ini paling nikmat dimakan bersama teh tung ting khas China.

7. Snowy Mooncake

Berbeda dengan mooncake lainnya, Snowy Mooncake tak dipanggang melainkan dimasukkan ke dalam lemari pendingin dalam waktu lama. Disebut Snowy Mooncake karena bagian luarnya berwarna putih, dengan isian pasta yg umumnya low fat.

Varian mooncake ini pertama diciptakan pada 1989 oleh Taipan Bread & Cakes di Hongkong. Itulah tempat terbaik mencicipi mooncake satu ini.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang mulai mendapatkan kesempatan liburan gratis yg seru ke Yogyakarta selama tiga hari beberapa malam.

Hadiah telah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Cara Mudah Dapatkan Liburan Gratis di Yogyakarta Bareng “Take Me Anywhere 2”

Sumber: http://travel.kompas.com