Dibanding Asia, Wisatawan Timteng Lebih Banyak Habiskan Uang Saat Liburan

By | September 25, 2016

JAKARTA, KOMPAS.com – Wisatawan mancanegara yang berasal Timur Tengah banyak menghabiskan uang bagi liburan dibandingkan wisatawan yang berasal Asia. Hal itu terungkap dari total pengeluaran mereka saat berlibur.

“Masalah spending (mengeluarkan uang) walaupun sedikit jumlah turisnya, wisatawan Timur Tengah lebih banyak (dibanding Asia dan Eropa),” kata Ketua Percepatan dan Pengembangan Wisata Halal, Riyanto Sofyan kepada KompasTravel seusai jumpa pers “Pengumuman Pemenang Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional Tahun 2016” di Jakarta, Rabu (21/9/2016).

Data Kementerian Pariwisata menyebutkan, buat pengeluaran wisatawan mancanegara dari Arab Saudi rata-rata sebesar 1.750 dollar AS per kunjungan/wisman dan wisman Uni Emirat Arab 1.500 dollar AS per kunjungan/wisman. Sementara, pengeluaran wisman dari Asia yg rata-rata 1.200 dollar AS per wisman/kunjungan.

“Mereka (wisatawan Timur Tengah) kalau di Indonesia itu suka wisata belanja, alam, budaya, pantai, dan sightseeing. Banyak juga yg wisata di kawasan Puncak Jawa Barat,” jelasnya.

Seperti diketahui, target pasar wisata halal di Timur Tengah, Kementerian Pariwisata menyasar wisatawan yang berasal Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, dan Kuwait. Sementara buat di wilayah Eropa yakni Rusia, Jerman, Perancis, Inggris serta negara Asia ada Malaysia, Singapura, Azerbaijan, dan China.

KOMPAS/RADITYA HELABUMI Berwisata di Taman Bunga Nusantara.

“Wisatawan Timur Tengah, paling besar ke Thailand sekitar 600.000 kunjungan. Ke Indonesia 200.000 kunjungan, ke Malaysia 400.000-an. Kalau kalian bandingkan dengan wisatawan Malaysia yg tiba ke Indonesia, mampu sekitar 2 juta,” kata Riyanto Sofyan.

Saat ini potensi kunjungan wisata halal dari Timur Tengah dapat tercermin dari banyaknya maskapai penerbangan yg terbang dari Timur Tengah menuju Indonesia, akan dari Emirates, Qatar, Etihad. Turis Timur Tengah sendiri menyukai wisata alam dan taman hiburan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran pers yg diterima KompasTravel menyampaikan pasar pariwisata halal sangat signifikan, di mana dari 6,8 miliar penduduk dunia, 1,6 miliar di antaranya adalah Muslim dan 60 persen usianya di bawah 30 tahun.

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang mulai mendapatkan kesempatan liburan gratis yg seru ke Yogyakarta selama tiga hari beberapa malam.

Hadiah telah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Catat, 6 Tips “Selfie” Saat Liburan ala “Take Me Anywhere 2”

Sumber: http://travel.kompas.com