Promosi Kuliner Indonesia Di Kota Kecil Geraldton Australia

By | September 25, 2016

GERALDTON, KOMPAS.com – Suasana Geraldton Foreshore Multipurpose Center, Australia Barat, pada siang itu tampak ramai. Sejumlah pengunjung berkerumun di stan-stan yg menyajikan beragam kuliner Indonesia.

Sate kembali menjadi yg terfavorit pada Indonesian Culinary and Promotion Wonderful Indonesia yg diselenggarakan di Geraldton, Australia Barat, Minggu (25/9/2016). Kali ini Sate Maranggi. Antrean di stan tempat sate tersebut dibagikan pun tampak paling panjang. Beberapa orang bahkan tampak memegang lebih dari sesuatu tusuk sate.

“Dia suka satenya,” ujar William, seorang ibu yg mengajak putranya, Lucas berusia beberapa tahun ke acara tersebut.

Ia tampak sibuk menyuapi sate kepada putranya. Lucas kelihatan menyukai makanan tersebut karena teksturnya yg lembut. Sate menjadi makanan favorit keluarga kecil William. Begitu juga kari ayam. Pasalnya, cerita William, makanan-makanan tersebut dianggap lezat.

Adapun buat kari, berbeda dengan kari yg beredar di Australia. Kari Indonesia dianggap memiliki cita rasa yg khas. Digelar tidak jauh dari garis pantai, acara Wonderful Indonesia dipadati pengunjung.

Masyarakat setempat dan juga masyarakat luar Geraldton yg berkunjung sangat antusias coba kuliner-kuliner khas Indonesia. Beberapa kuliner Indonesia lainnya adalah Ayam Andaliman, Rendang, Ikan Arsik, Kolak Pisang, Lappet, Lupis, dan Risol.

Minuman Jahe Merah juga diberikan secara gratis. Makanan disediakan dalam bentuk tester dan tak diperjualbelikan. Sehingga pengunjung yg suka mulai penasaran. Jika mau membeli, nantinya pengunjung mulai diberitahu daftar katering masakan Indonesia yg membuatnya bagi kemudian membeli langsung.

Pemilik Event Organizer Easy Event Perth, Ratna Hartoyo, menjelaskan mayoritas masyarakat yg tiba ke event tersebut adalah masyarakat Geraldton dan Kalbari (sekitar 300 kilometer dari Geraldton). Easy Event Perth yaitu event organizer yg mengelola Indonesian Culinary and Promotion Wonderful Indonesia.

Hampir segala masyarakat di beberapa kota tersebut telah bepergian ke Bali dua kali. Sehingga promosi kuliner Indonesia ke daerah Geraldton adalah bagian bagi semakin mendekatkan mereka dengan Indonesia. Promosi Indonesia di wilayah utara Australia Barat juga dinilai masih kurang.

“Kebanyakan (promosi) di daerah Perth. Padahal di sini justru lebih potensial karena banyak orang-orang mining (pertambangan),” ungkap Ratna.

Geraldton juga yaitu kota kecil tujuan wisata para pelancong di hari libur. Potensi pariwisata lokal yg besar tersebut pun sayang seandainya tidak digunakan sebagai momentum promosi kuliner Indonesia.

Untuk semakin menarik pengunjung, disediakan pula raffle atau undian berhadiah tiga tiket liburan yg disponsori oleh Kementerian Pariwisata RI ke tiga destinasi wisata di Indonesia, merupakan Bali, Yogyakarta dan Lombok.

Ratna menambahkan kuliner Indonesia sangat potensial bagi dikembangkan di Australia. Banyak masyarakat di sana menyukai bumbu masakan Indonesia yg sangat berasa. Berbeda dengan masakan di Australia yg tidak terlalu mengedepankan cita rasa lewat bumbu.

“Kalau suka, mereka selanjutnya mulai order. Jadi, katering (masakan Indonesia) juga mulai hidup,” tutur Ratna.

***

KompasTravel kembali menghadirkan kuis “Take Me Anywhere 2”. Pemenang mulai mendapatkan kesempatan liburan gratis yg seru ke Yogyakarta selama tiga hari beberapa malam.

Hadiah telah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Gratis Liburan Seru di Yogyakarta, Mau?

Sumber: http://travel.kompas.com