Anies Baswedan Senang Bertemu Dengan Anak Muda Di IdeaFest 2016

By | September 26, 2016

Anies Baswedan, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yg kini maju sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta turut hadir dalam festival kreatif, IdeaFest 2016 di hari kedua yg diselenggarakan di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (24/9).”Saya senang dapat kembali ke IdeaFest memeberi ruang bahasan bukan cuma diluncurkan tetapi diperdebatkan, kami berikan ruang buat memunculkan gagasan jadi orang Indonesia,” ujar Anies dalam kata sambutannya.Anies menjadi pembicara dalam topik ‘Your Question. His Answers. About Indonesia’ di mana Anies menjawab dua pertanyaan dari orang-orang yg sudah mengirimkan pertanyaan di sosial media. Salah satunya adalah pertanyaan mengapa Pak Anies tampak terus optimis? “Karena aku kadang berinteraksi dengan anak-anak muda yg optimis seperti orang-orang yg ada di sini (IdeaFest). Tapi aku tak ingin jadi optimis muda tetapi optimis yg realistik,” jawab Anies.

Saat ditanya apakah dirinya masih optimis dengan Indonesia? Anies pun menjawab sangat optimis. Namun, perubahan Indonesia tak mulai berhasil seandainya tak ada rasa optimisme dari masyarakatnya itu sendiri. “Bukan cuma saja optimis tetapi sangat optimis. Saya telah keliling dari tempat yg sulit aksesnya, minim fasilitanya sampai gedung-gedung pencakar langit. Saya banyak bertemu orang yg optimis. Tapi sayangnya masyarakat kalian tidak jarang memandang Indonesia lebih negatif,” papar Anies.”Kalau ada kabar buruk soal Indonesia mereka yakin, kalau ada kabar baik harus diuji dulu. Indonesia kadang kali mengecewakan orang-orang yg optimis. Kita milik peluang yg banyak. Optimisme itu menular. Apapun yg kalian hadapi, yg harus kalian ubah mindshet. Cari apa yg kami untuk optimis,” pungkasnya.

Selain Anies Baswedan, IdeaFest 2016 di hari kedua juga diisi oleh pembicara-pembicara hebat lainnya seperti Hooi Ling Tan (Co-founder Grab), William Tanuwijaya (Tokopedia) dan Ridwan Kamil (Walikota Bandung). Namun sayangnya Presiden RI Jokowi yg diagendakan hadir ternyata berhalangan hadir. Walau begitu IdeaFest 2016 tetap sukses digelar memecahkan rekor di tahun ini dengan menghadrikan 81 sesi kelas dan 200 pembicara. (kpl/rhm/phi)
Sumber: http://www.merdeka.com